Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025
![]() |
| Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025 |
- Layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai Bimbingan dan Konseling.
- Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi dan keunikan lokal berupa: keagamaan, seni budaya, prakarya, pjok, bahasa, teknologi, dan riset.
- Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui: pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain, pengintegrasian ke dalam tema Kokurikuler, dan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
- Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif menambahkan mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.
- Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar, dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
- Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu muatan lokal sebagai penguatan kompetensi khusus keagamaan atau keolahragaan atau kesenian sesuai kebutuhan Peserta Didik.
- Mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial dapat disediakan oleh Madrasah sesuai sumber daya yang dimiliki dan dapat dipilih oleh Peserta Didik sesuai minatnya.
- Kurikulum pada Madrasah dapat dirancang dengan konsep diversifikasi. Konten Diversifikasi dapat diambil dari kearifan lokal, kekhasan Madrasah, potensi daerah, atau program nasional yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi Madrasah.
- Madrasah dapat melakukan penambahan jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis capaian pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah paling banyak 6 JP setiap minggu.
- Tim Kokurikuler di Madrasah terdiri dari koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan sebagai berikut:
- Guru mata pelajaran yang alokasi waktu Kokurikuler dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 JP per rombongan
- Beban belajar sebagai koordinator Kokurikuler setara dengan 2 (dua) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per-minggu dan paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.
1. Alokasi Waktu Mata Pelajaran MTs Kelas VII
|
Mata
Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi
Kokurikuler Per Tahun |
Total JP
Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran Wajib |
|||
|
Al Qur’an Hadis |
72 |
36 |
108 |
|
Akidah Akhlak |
72 |
|
72 |
|
Fikih |
72 |
|
72 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
72 |
|
72 |
|
Bahasa Arab |
108 |
|
108 |
|
Pendidikan Pancasila |
72 |
36 |
108 |
|
Bahasa Indonesia |
180 |
36 |
216 |
|
Matematika |
144 |
|
144 |
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
144 |
|
144 |
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
108 |
|
108 |
|
Bahasa Inggris |
108 |
|
108 |
|
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
72 |
36 |
108 |
|
Informatika |
72 |
|
72 |
|
Seni, Budaya, dan Prakarya 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari 5. Prakarya Budi Daya 6. Prakarya Kerajinan 7. Prakarya Rekayasa 8. Prakarya Pengolahan |
72 |
|
72 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib |
1.368 |
144 |
1.512 |
|
Mata Pelajaran Pilihan |
|||
|
Koding dan Kecerdasan Artifisial |
72 |
|
72 |
|
Muatan Lokal |
72-216 |
|
72-216 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal |
1.440-1.584 |
144 |
1.584-1.728 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan +
Muatan Lokal |
1.512-1.656 |
144 |
1.656-1.800 |
- Asumsi untuk 1 tahun = 36 minggu dan 1 jam pelajaran adalah 40 menit.
- Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, dan/atau prakarya). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, atau prakarya).
- Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun mata pelajaran pilihan.
- Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas).
2. Alokasi Waktu Mata Pelajaran MTs Kelas VIII
|
Mata
Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi
Kokurikuler Per Tahun |
Total JP
Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran Wajib |
|||
|
Al Qur’an Hadis |
72 |
|
72 |
|
Akidah Akhlak |
72 |
|
72 |
|
Fikih |
72 |
36 |
108 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
72 |
|
72 |
|
Bahasa Arab |
108 |
|
108 |
|
Pendidikan Pancasila |
72 |
|
72 |
|
Bahasa Indonesia |
180 |
|
180 |
|
Matematika |
144 |
36 |
180 |
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
144 |
36 |
180 |
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
108 |
|
108 |
|
Bahasa Inggris |
108 |
|
108 |
|
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
72 |
|
72 |
|
Informatika |
72 |
|
72 |
|
Seni, Budaya, dan Prakarya 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari 5. Prakarya Budi Daya 6. Prakarya Kerajinan 7. Prakarya Rekayasa 8. Prakarya Pengolahan |
72 |
36 |
108 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib |
1.368 |
144 |
1.512 |
|
Mata Pelajaran Pilihan |
|||
|
Koding dan Kecerdasan Artifisial |
72 |
|
72 |
|
Muatan Lokal |
72-216 |
|
72-216 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal |
1.440-1.584 |
144 |
1.584-1.728 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan +
Muatan Lokal |
1.512-1.656 |
144 |
1.656-1.800 |
- Asumsi untuk 1 tahun = 36 minggu dan 1 jam pelajaran adalah 40 menit.
- Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, dan/atau prakarya). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, atau prakarya).
- Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun mata pelajaran pilihan.
- Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas).
3. Alokasi Waktu Mata Pelajaran MTs Kelas IX
|
Mata
Pelajaran |
Alokasi
Intrakurikuler Per Tahun |
Alokasi
Kokurikuler Per Tahun |
Total JP
Per Tahun |
|
Kelompok Mata Pelajaran Wajib |
|||
|
Al Qur’an Hadis |
64 |
|
64 |
|
Akidah Akhlak |
64 |
32 |
96 |
|
Fikih |
64 |
|
64 |
|
Sejarah Kebudayaan Islam |
64 |
|
64 |
|
Bahasa Arab |
96 |
|
96 |
|
Pendidikan Pancasila |
64 |
|
64 |
|
Bahasa Indonesia |
160 |
|
160 |
|
Matematika |
128 |
|
128 |
|
Ilmu Pengetahuan Alam |
128 |
|
128 |
|
Ilmu Pengetahuan Sosial |
96 |
32 |
128 |
|
Bahasa Inggris |
96 |
32 |
128 |
|
Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan |
64 |
|
64 |
|
Informatika |
64 |
32 |
96 |
|
Seni, Budaya, dan Prakarya 1. Seni Musik 2. Seni Rupa 3. Seni Teater 4. Seni Tari 5. Prakarya Budi Daya 6. Prakarya Kerajinan 7. Prakarya Rekayasa 8. Prakarya Pengolahan |
64 |
|
64 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib |
1.216 |
128 |
1.344 |
|
Mata Pelajaran Pilihan |
|||
|
Koding dan Kecerdasan Artifisial |
64 |
|
64 |
|
Muatan Lokal |
64-192 |
|
64-192 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal |
1.280-1.408 |
128 |
1.408-1.538 |
|
Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan +
Muatan Lokal |
1.344-1.472 |
128 |
1.472-1.600 |
- Asumsi untuk 1 tahun = 32 minggu dan 1 jam pelajaran adalah 40 menit.
- Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, dan/atau prakarya). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, atau prakarya).
- Dialokasikan 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per tahun mata pelajaran pilihan.
- Paling sedikit 64 (enam puluh empat) JP per tahun dan paling banyak 192 (seratus sembilan puluh dua).
.png)
Post a Comment for "Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025"