Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025

struktur kurmer mts, contoh struktur kurikulum mts, download struktur kurikulum mts, struktur kurikulum ikm mts, struktur kurikulum mts pdf, kma mts,
Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025

GURUSEJARAH.WEB.ID - Perubahan keputusan tentang implementasi kurikulum pada madrasah mulai dari jenjang RA, MI, MTs, MA dan MAK dari keputusan sebelumnya yaitu KMA No. 450 Tahun 2024 juga berlaku pada jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs).

Sama halnya dengan struktur kurikulum pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), kurikulum pada Madrasah Tsanawiyah (MTs) ini juga merupakan kebijakan terbaru tentang implementasi kurikulum pada madrasah sesuai Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 1503 Tahun 2025.

Kurikulum pada MTs ini juga ditetapkan oleh kepala MTs dengan memuat seluruh muatan kurikulum seperti ketentuan intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan muatan lokal (mulok).

Di samping itu ketentuan lain dalam pelaksanaan kurikulum pada MTs ialah sebagai berikut.
  1. Layanan Bimbingan dan Konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai Bimbingan dan Konseling.
  2. Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi dan keunikan lokal berupa: keagamaan, seni budaya, prakarya, pjok, bahasa, teknologi, dan riset.
  3. Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui: pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain, pengintegrasian ke dalam tema Kokurikuler, dan mata pelajaran yang berdiri sendiri.
  4. Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif menambahkan mata pelajaran Program Kebutuhan Khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.
  5. Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar, dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum Merdeka sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
  6. Madrasah yang mengembangkan program khusus dapat menggunakan alokasi waktu muatan lokal sebagai penguatan kompetensi khusus keagamaan atau keolahragaan atau kesenian sesuai kebutuhan Peserta Didik.
  7. Mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial dapat disediakan oleh Madrasah sesuai sumber daya yang dimiliki dan dapat dipilih oleh Peserta Didik sesuai minatnya.
  8. Kurikulum pada Madrasah dapat dirancang dengan konsep diversifikasi. Konten Diversifikasi dapat diambil dari kearifan lokal, kekhasan Madrasah, potensi daerah, atau program nasional yang relevan dengan kebutuhan dan kondisi Madrasah.
  9. Madrasah dapat melakukan penambahan jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis capaian pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah paling banyak 6 JP setiap minggu.
  10. Tim Kokurikuler di Madrasah terdiri dari koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Guru mata pelajaran yang alokasi waktu Kokurikuler dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 JP per rombongan
    • Beban belajar sebagai koordinator Kokurikuler setara dengan 2 (dua) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per-minggu dan paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.
Ketentuan minimum struktur kurikulum pada MTs kelas VII, VIII, dan IX adalah sebagai berikut:

1. Alokasi Waktu Mata Pelajaran MTs Kelas VII

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

72

36

108

Akidah Akhlak

72

 

72

Fikih

72

 

72

Sejarah Kebudayaan Islam

72

 

72

Bahasa Arab

108

 

108

Pendidikan Pancasila

72

36

108

Bahasa Indonesia

180

36

216

Matematika

144

 

144

Ilmu Pengetahuan Alam

144

 

144

Ilmu Pengetahuan Sosial

108

 

108

Bahasa Inggris

108

 

108

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

72

36

108

Informatika

72

 

72

Seni, Budaya, dan Prakarya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

5.     Prakarya Budi Daya

6.     Prakarya Kerajinan

7.     Prakarya Rekayasa

8.     Prakarya Pengolahan

72

 

72

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.368

144

1.512

Mata Pelajaran Pilihan

Koding dan Kecerdasan Artifisial

72

 

72

Muatan Lokal

72-216

 

72-216

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.440-1.584

144

1.584-1.728

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal

1.512-1.656

144

1.656-1.800

Keterangan:
  • Asumsi untuk 1 tahun = 36 minggu dan 1 jam pelajaran adalah 40 menit.
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, dan/atau prakarya). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, atau prakarya).
  • Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun mata pelajaran pilihan.
  • Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas).

2. Alokasi Waktu Mata Pelajaran MTs Kelas VIII

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

72

 

72

Akidah Akhlak

72

 

72

Fikih

72

36

108

Sejarah Kebudayaan Islam

72

 

72

Bahasa Arab

108

 

108

Pendidikan Pancasila

72

 

72

Bahasa Indonesia

180

 

180

Matematika

144

36

180

Ilmu Pengetahuan Alam

144

36

180

Ilmu Pengetahuan Sosial

108

 

108

Bahasa Inggris

108

 

108

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

72

 

72

Informatika

72

 

72

Seni, Budaya, dan Prakarya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

5.     Prakarya Budi Daya

6.     Prakarya Kerajinan

7.     Prakarya Rekayasa

8.     Prakarya Pengolahan

72

36

108

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.368

144

1.512

Mata Pelajaran Pilihan

Koding dan Kecerdasan Artifisial

72

 

72

Muatan Lokal

72-216

 

72-216

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.440-1.584

144

1.584-1.728

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal

1.512-1.656

144

1.656-1.800

Keterangan:
  • Asumsi untuk 1 tahun = 36 minggu dan 1 jam pelajaran adalah 40 menit.
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, dan/atau prakarya). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, atau prakarya).
  • Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun mata pelajaran pilihan.
  • Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas).

3. Alokasi Waktu Mata Pelajaran MTs Kelas IX

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

64

 

64

Akidah Akhlak

64

32

96

Fikih

64

 

64

Sejarah Kebudayaan Islam

64

 

64

Bahasa Arab

96

 

96

Pendidikan Pancasila

64

 

64

Bahasa Indonesia

160

 

160

Matematika

128

 

128

Ilmu Pengetahuan Alam

128

 

128

Ilmu Pengetahuan Sosial

96

32

128

Bahasa Inggris

96

32

128

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

64

 

64

Informatika

64

32

96

Seni, Budaya, dan Prakarya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

5.     Prakarya Budi Daya

6.     Prakarya Kerajinan

7.     Prakarya Rekayasa

8.     Prakarya Pengolahan

64

 

64

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.216

128

1.344

Mata Pelajaran Pilihan

Koding dan Kecerdasan Artifisial

64

 

64

Muatan Lokal

64-192

 

64-192

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.280-1.408

128

1.408-1.538

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal

1.344-1.472

128

1.472-1.600

Keterangan:
  • Asumsi untuk 1 tahun = 32 minggu dan 1 jam pelajaran adalah 40 menit.
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, dan/atau prakarya). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni atau prakarya (seni musik, seni rupa, seni teater, seni tari, atau prakarya).
  • Dialokasikan 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per tahun mata pelajaran pilihan.
  • Paling sedikit 64 (enam puluh empat) JP per tahun dan paling banyak 192 (seratus sembilan puluh dua).
Demikian penjelasan struktur kurikulum MTs sesuai keputusan terbaru KMA Nomor 1503 Tahun 2025 tentang Implementasi Kurikulum pada Madrasah, semoga bermanfaat.***

Post a Comment for "Struktur Kurikulum Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025"