Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025

contoh struktur kurikulum mi, struktur kurikulum mi merdeka, struktur kurmer mi, struktur kurikulum mi kma 1503,
Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025

GURUSEJARAH.WEB.ID - Struktur kurikulum pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) ini adalah sesuai dengan Keputusan Menteri Agama terbaru yaitu nomor 1503 tahun 2025 yang merupakan perubahan dari keputusan sebelumnya yaitu KMA Nomor 450 Tahun 2024 tentang Implementasi Kurikulum pada RA, MI, MTs, MA dan MAK.

Struktur kurikulum pada Madrasah Ibtidaiyah (MI) pernah ditetapkan ditetapkan oleh kepala madrasahnya dengan memuat seluruh muatan kurikulum terdiri dari intrakurikuler, kokurikuler, ekstrakurikuler dan muatan lokal (mulok).

Dalam implementasinya, struktur kurikulum MI dilaksanakan dengan ketentuan sebagai berikut.

  1. Layanan bimbingan dan konseling dilaksanakan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan mengenai bimbingan dan konseling.
  2. Muatan lokal merupakan muatan pembelajaran yang sesuai dengan kekhasan Madrasah, tipologi Madrasah, potensi dan keunikan lokal berupa: keagamaan, seni budaya, prakarya, pjok, bahasa, teknologi, dan/atau riset.
  3. Muatan lokal dapat dilaksanakan pada Madrasah melalui:
    • pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain.
    • pengintegrasian ke dalam tema Kokurikuler.
    • mata pelajaran yang berdiri sendiri.
  4. Kurikulum di Madrasah penyelenggara pendidikan inklusif menambahkan mata pelajaran program Kebutuhan Khusus sesuai dengan kondisi Peserta Didik.
  5. Peserta Didik yang memiliki potensi kecerdasan istimewa dapat diberikan percepatan pemenuhan beban belajar, dan/atau pendalaman dan pengayaan Capaian Pembelajaran terkait Kurikulum sebagai layanan individual dan bukan dalam bentuk rombongan belajar.
  6. Mata pelajaran pilihan Koding dan Kecerdasan Artifisial dapat disediakan oleh Madrasah sesuai sumber daya yang dimiliki dan dapat dipilih oleh Peserta Didik sesuai minatnya
  7. Madrasah dapat melakukan penambahan jam pelajaran sesuai dengan hasil analisis capaian pembelajaran dan ketersediaan waktu di Madrasah paling banyak 6 JP setiap minggu.
  8. Tim Kokurikuler di Madrasah terdiri dari koordinator dan fasilitator, dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Guru mata pelajaran yang alokasi waktu Kokurikuler dialihkan, dapat menjadi fasilitator setara dengan 1 JP per rombongan.
    • Beban belajar sebagai koordinator Kokurikuler setara dengan 2 (dua) jam tatap muka per 1 (satu) rombongan belajar setiap tahun untuk pemenuhan jam tatap muka paling sedikit 24 (dua puluh empat) jam tatap muka per-minggu dan paling banyak mengampu 3 (tiga) rombongan belajar.
Di samping itu untuk alokasi waktu mata pelajaran masing-masing kelas pada MI berbeda-beda, yaitu kelas I, kelas II, kelas III-IV, dan kelas V, dan kelas VI.

1. Alokasi Mata Pelajaran MI Kelas I

Asumsi 1 tahun adalah 36 minggu dan 1 Jam Pelajaran adalah 35 menit

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

72

36

108

Akidah Akhlak

72

 

72

Fikih

72

 

72

Bahasa Arab

72

 

72

Pendidikan Pancasila

144

36

180

Bahasa Indonesia

252

36

288

Matematika

144

 

144

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

108

 

108

Seni dan Budaya

1.     Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

108

 

108

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.044

108

1.152

Muatan Lokal

72-216

 

72-216

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.116-1.260

108

1.224-1.368

Keterangan:
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
  • Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas) sebagai mata pelajaran pilihan.

2. Alokasi Mata Pelajaran MI Kelas II

Asumsi 1 tahun adalah 36 minggu dan 1 Jam Pelajaran adalah 35 menit

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

72

36

108

Akidah Akhlak

72

 

72

Fikih

72

 

72

Bahasa Arab

72

 

72

Pendidikan Pancasila

144

36

180

Bahasa Indonesia

288

36

324

Matematika

180

 

180

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

108

 

108

Seni dan Budaya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

108

 

108

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.116

108

1.224

Muatan Lokal

72-216

 

72-216

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.118-1.332

108

1.296-1.440

Keterangan:
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
  • Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas) sebagai mata pelajaran pilihan.

3. Alokasi Mata Pelajaran MI Kelas III-IV

Asumsi 1 tahun adalah 36 minggu dan 1 Jam Pelajaran adalah 35 menit

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

72

 

72

Akidah Akhlak

72

 

72

Fikih

72

36

108

Sejarah Kebudayaan Islam

72

 

72

Bahasa Arab

72

 

72

Pendidikan Pancasila

144

 

144

Bahasa Indonesia

216

36

252

Matematika

180

 

180

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

180

36

216

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

108

 

108

Seni dan Budaya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

108

 

108

Bahasa Inggris

72

 

72

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.368

108

1.476

Muatan Lokal

72-216

 

72-216

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.440-1.584

108

1.548-1.692

Keterangan:
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
  • Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas) sebagai mata pelajaran pilihan.

4. Alokasi Mata Pelajaran MI Kelas V

Asumsi 1 tahun adalah 36 minggu dan 1 Jam Pelajaran adalah 35 menit

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

72

 

72

Akidah Akhlak

72

36

108

Fikih

72

 

72

Sejarah Kebudayaan Islam

72

 

72

Bahasa Arab

72

 

72

Pendidikan Pancasila

144

 

144

Bahasa Indonesia

216

36

252

Matematika

180

 

180

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

180

 

180

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

108

 

108

Seni dan Budaya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

108

36

144

Bahasa Inggris

72

 

72

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.368

108

1.476

Mata Pelajaran Pilihan

Koding dan Kecerdasan Artifisial

72

 

72

Muatan Lokal

72-216

 

72-216

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.440-1.584

108

1.548-1.692

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal

1.512-1.656

108

1.620-1.764

Keterangan:
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
  • Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
  • Paling sedikit 72 (tujuh puluh dua) JP per tahun dan paling banyak 216 (dua ratus enam belas).

5. Alokasi Mata Pelajaran MI Kelas VI

Asumsi 1 tahun adalah 32 minggu dan 1 Jam Pelajaran adalah 35 menit

Mata Pelajaran

Alokasi Intrakurikuler Per Tahun

Alokasi Kokurikuler Per Tahun

Total JP Per Tahun

Kelompok Mata Pelajaran Wajib

Al Qur’an Hadis

64

 

64

Akidah Akhlak

64

32

96

Fikih

64

 

64

Sejarah Kebudayaan Islam

64

 

64

Bahasa Arab

64

 

64

Pendidikan Pancasila

128

 

128

Bahasa Indonesia

192

32

224

Matematika

160

 

160

Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

160

 

160

Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

96

32

128

Seni dan Budaya

1.      Seni Musik

2.     Seni Rupa

3.     Seni Teater

4.     Seni Tari

96

 

96

Bahasa Inggris

64

 

64

Total JP Mata Pelajaran Wajib

1.216

96

1.312

Mata Pelajaran Pilihan

Koding dan Kecerdasan Artifisial

64

 

64

Muatan Lokal

64-192

 

64-192

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Muatan Lokal

1.280-1.408

96

1.376-1.504

Total JP Mata Pelajaran Wajib + Mata Pelajaran Pilihan + Muatan Lokal

1.344-1.472

96

1.440-1.568

Keterangan:
  • Madrasah menyediakan minimal 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, dan/atau seni tari). Peserta Didik memilih 1 (satu) jenis seni (seni musik, seni rupa, seni teater, atau seni tari).
  • Paling banyak 2 (dua) JP per minggu atau 64 (enam puluh empat) JP per tahun sebagai mata pelajaran pilihan.
  • Paling sedikit 64 (enam puluh empat) JP per tahun dan paling banyak 192 (seratus sembilan puluh dua).
Demikian struktur kurikulum MI mulai dari kelas I sampai dengan kelas VI sesuai dengan keputusan terbaru, KMA No. 1503 Tahun 2025, semoga bermanfaat.***

Post a Comment for "Struktur Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sesuai KMA Nomor 1503 Tahun 2025"