Aturan Baru: Pendidik, Murid dan Orang Tua Perlu Tahu Inilah Kerangka TKA pada Jenjang SD Sederajat dan SMP Sederajat
![]() |
Aturan Baru: Pendidik, Murid dan Orang Tua Perlu Tahu Inilah Kerangka TKA pada Jenjang SD Sederajat dan SMP Sederajat |
"Dalam mengikuti sebuah proses seleksi akademik nantinya murid tidak hanya mengandalkan nilai rapor yang didapat dari satuan pendidikannya saja namun juga memiliki data hasil penilaian terstandar yang ditetapkan pemerintah sama dengan satuan pendidikan lainnya."
GURUSEJARAH.WEB.ID - Aturan tentang TKA atau dikenal dengan Tes Kemampuan Akademik sebelumnya telah diatur dalam Permendikdasmen Nomor 9 Tahun 2025 yang menjelaskan tentang mulai dari sistem penyelenggaraan tes, hasil tes, pola pemantauan, evaluasi dan pelaporan.
Pada peraturan kali ini pemerintah dalam hal ini Kemendikdasmen kembali mengeluarkan satu peraturan baru lewat Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan yang menjelaskan tentang kerangka asesmen TKA pada jenjang Sekolah Dasar atau sederajat dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat.
Kerangka dalam aturan tersebut yang dimaksud adalah mencakup latar belakang dan tujuan, mata uji dan jenis soal, muatan dan kompetensi yang diujikan serta contoh soal.
Latar Belakang dan Tujuan
Sebagaimana yang telah dijelaskan pada tanya jawab seputar TKA, TKA bukan menjadi sebuah patokan dalam penentuan kelulusan murid dari satuan pendidikan. Penentuan kelulusan murid tetap masih menjadi wewenang pendidik dan satuan pendidikan.
Namun, yang menjadi latarbelakang diselenggarakannya TKA ini adalah sebagai data hasil penilaian tambahan yang digunakan pada sebuah tahapan proses seleksi.
Mengingat data hasil penilaian seperti rapor masih menjadi permasalahan dalam hal objektivitas dan keadilan karena belum terstandarnya oleh satuan pendidikan.
Sebagai contoh ketika dua murid dari satuan pendidikan yang berbeda memiliki nilai yang sama, nilai rapor dari satuan pendidikan dengan standar tinggi cenderung mencerminkan tingkat penguasaan atau kemampuan akademik yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan nilai yang sama dari satuan pendidikan yang menerapkan standar lebih rendah.
Akibatnya dalam sebuah seleksi yang didasarkan pada nilai rapor, murid dari satuan pendidikan dengan standar lebih tinggi cenderung dirugikan saat bersaing dengan murid dari satuan pendidikan dengan standar yang lebih rendah.
Untuk itu, sebagai sebuah tes yang terstandar TKA dapat menjadi bagian dari solusi terhadap permasalahan tersebut.
Mata Uji dan Jenis Soal
Mata uji TKA jenjang SD sederajat dan SMP sederajat terdiri:
- Bahasa Indonesia
- Matematika
- Soal pilihan ganda sederhana, yaitu hanya terdapat satu pilihan jawaban yang benar, peserta diminta hanya memilih satu jawaban yang benar dari pilihan yang tersedia.
- Soal pilihan ganda kompleks MCMA, yaitu terdapat kemungkinan lebih dari satu jawaban yang benar, peserta diminta memilih lebih dari satu jawaban yang benar.
- Soal pilihan ganda kompleks kategori, yaitu terdapat beberapa pernyataan yang semuanya perlu direspon, misalnya dengan pilihan benar atau salah, sesuai atau tidak sesuai. Peserta diminta untuk memberi respon terhadap masing-masing pernyataan tersebut.
Muatan dan Kompetensi Yang Diujikan
- Mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks
- Menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks.
- Mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks.
- Menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks.
- Menanggapi isi teks, merefleksi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks.
- Pemahaman tekstual.
- Pemahaman inferensial
- Evaluasi atau apresiasi.
- Bilangan
- Geometri dan Pengukuran
- Data
- Pengetahuan matematika
- Representasi matematis
- Penalaran
- Pemecahan masalah matematis
- Koneksi matematis
- Pengetahuan dan pemahaman (Knowing and Understanding)
- Aplikasi (Applying)
- Penalaran (Reasoning)
- Mengidentifikasi informasi tersurat dalam teks
- Menyusun ulang, mengelompokkan, membuat ikhtisar, dan menyajikan kembali informasi tersurat dalam teks.
- Mengidentifikasi dan menyimpulkan informasi tersirat dalam teks.
- Menilai gagasan, fakta, atau opini dalam teks.
- Menanggapi isi teks, merefleksi diri dengan tokoh atau kejadian, dan menanggapi bahasa penulis dalam teks
- Pemahaman tekstual.
- Pemahaman inferensial
- Evaluasi atau apresiasi.
- Bilangan
- Aljabar
- Geometri dan pengukuran
- Data dan peluang
- Pengetahuan matematika
- Representasi matematis
- Penalaran dan penggunaan logika matematis
- Pemecahan masalah matematis
- Koneksi matematis
- Pengetahuan dan pemahaman (Knowing and Understanding)
- Aplikasi (Applying)
- Penalaran (Reasoning)
Post a Comment for "Aturan Baru: Pendidik, Murid dan Orang Tua Perlu Tahu Inilah Kerangka TKA pada Jenjang SD Sederajat dan SMP Sederajat"